1. Understanding Effectiveness
Effectiveness comes from two words that have different meanings. The first effectiveness comes from the word effect which means the effect caused by the existence of a cause, effect or impact. Both effectiveness comes from the effective word that has the meaning appropriate and appropriate, as mentioned in the Indonesian dictionary that the word effective means the results, the order, the accuracy of the way, to support the goal.
Didalam pengertian ini
peneliti mengambil pengertian yang kedua, yaitu efektivitas adalah kecermatan
cara yang digunakan untuk mencapai tujuan. Hal ini senada dengan yang
disampaikan oleh Sulaiman dan Sudarsono didalam kamus pendidikan yang
mengatakan bahwa efektivitas adalah tahapan untuk mencapai tujuan sebagaimana
yang diharapkan.
Sedangkan menurut Handoko,
efektivitas adalah merupakan kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat atau
penataan yang tepat untuk pencapaian tujuan yang ditetapkan. Dalam persepektif
yang lain, Husein mengemukakan bahwa efektivitas itu mengarah pada unjuk kerja
yang maksimal, berkaitan erat dengan pencapaian target kualitas, kuantitas dan
waktu. Kualitas berkaitan dengan mutu suatu kegiatan, kuantitas berdasarkan
pada jumlah out put yang dihasilkan, dan waktu berhubungan dengan ketepatan
penyelesaian tugas.
Dari penjelasan diatas dapat
dijelaskan bahwa efektivitas bisa diartikan pengukuran keberhasilan dalam
pencapaian tujuan-tujuan yang ditentukan. Sebagai contoh, jika sebuah pekerjaan
atau tugas dapat selesai dengan cara cara yang sudah ditentukan, maka dalam
uraiannya cara tersebut bisa dikatakan cara yang benar dan cara yang efektif.
Efektivitas juga bisa
diartikan sebagai efesiensi waktu atau hemat waktu dalam menyelesaikan suatu
masalah, sehingga semakin sedikit waktu yang dibutuhkan maka semakin efektif
dalam menyelesaikan masalah tersebut. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan
oleh Ridlwan Salasa dalam skripsinya yang mengatakan bahwa efektivitas adalah
ketepatan cara dan keseuaian waktu yang dibutuhkan dalam menyelesaikan suatu
masalah.
Efisiensi atau efektif hanya
dapat dievaluasi dengan penilaian relatif, yaitu dengan membandingkan antara
masukan (in) dan keluaran (out) yang dapat diterima hasilnya.
Sebagaimana contoh, untuk menyelesaikan sebuah tugas cara A membutuhkan waktu
satu jam, sedang cara B membutuhkan waktu dua jam, maka cara A lebih efisien
daripada cara B. Dengan kata lain tugas tersebut dapat selesai dengan menggunakan
cara yang efektif. Efisiensi adalah melakukan tugas dengan benar, sedangkan
efektivitas adalah melakukan tugas yang benar dengan waktu yang tepat.
Efektivitas dan efisiensi merupakan konsep yang berharga. Namun, efektivitas
memiliki arti jauh lebih berharga daripada efesiensi.
Efektivitas disini peneliti
artikan sebagai efesiensi waktu dan ketepatan cara yang benar, sehingga dengan
waktu yang terbatas pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan optimal dan
mampu menghasilkan pemahaman materi yang lebih tinggi sehingga peserta didik
dapat memahami materi yang disampaikan dengan baik serta mampu menerapkan dan mengamalkannya
dalam kehidupan sehari-hari, sehingga akan mewujudkan individu yang bermanfaat
serta membawa kemaslahatan bagi dirinya sendiri, keluarga dan umat seluruhnya.
2. Parameter
Efektivitas
Parameter efektivitas dalam
pembelajaran adalah batasan-batasan cakupan wilayah pengajaran yang digunakan
sebagai acuan proses pembelajaran agar bisa mencapai tujuan yang diharapkan.
In the learning process, the learning effectiveness standard used by a teacher will greatly affect the student learning outcomes, the teacher as an educator is required to be able to deliver the material well and correctly, because the teacher functions as a manager of the learning process, acting as a facilitator who seeks to create the learning conditions which is effective so as to increase students to listen to the subject matter and can master the educational goals that must be achieved.
While the standard of effectiveness in a learning, among others, are:
1.
In terms of educators
·
The principle of individuality
·
Demonstration in learning
·
Learning that makes learners enthusiastic
2.
In terms of learners
·
Can actively involve learners
·
Can attract interest and attention pesera students
·
Can generate motivation of learners
No comments:
Post a Comment