Wednesday, October 4, 2017

Silabus Ilmu Pendidikan

Muhammad Syarif, S. Pd. I., MA

A.    DESKRIPSI SINGKAT
Mata kuliah ini membahas tentang dasar-dasar pendidikan yang meliputi; hakikat manusia dan pengembangannya, unsur-unsur pendidikan, landasan dan asas-asas pendidikan, lingkungan pendidikan, aliran-aliran pendidikan, pendidikan dan perubahan sosial, permasalahan pendidikan,  sistem pendidikan nasional, pendidikan dan pembangunan, Pendidikan Agama di Indonesia, dan pendidikan multikultural.

B.     KOMPETENSI
Mahasiswa mampu memahami dan mengembangkan konsep dasar pendidikan secara komprehensif dan fungsional, sehingga dapat membangun sikap kritis dan konstruktif dalam menanggapi teori-teori dan praktek pendidikan yang berkembang.

C.    INDIKATOR
1.        Menjelaskan hakikat manusia dan arah pengembangannya.
2.        Mendeskripsikan pengertian pendidikan, ilmu pendidikan, dan unsur-unsur yang terkandung di dalamnya.
3.        Menjabarkan posisi pendidik dalam proses pendidikan.
4.        Menjelaskan landasan dan asas-asas pendidikan.
5.        Mendeskripsikan lingkungan pendidikan.
6.        Menganalisis aliran-aliran pendidikan yang berkembang.
7.        Menjelaskan pendidikan dan perubahan sosial yang terjadi saat ini dan di masa yang akan datang.
8.        Menganalisis permasalahan pendidikan yang terjadi di Indonesia.
9.        Menjelaskan sistem pendidikan nasional.
10.    Menjelaskan kaitan antara pendidikan dan pembangunan.
11.    Menganalisis posisi PAI dalam konteks pendidikan nasional Indonesia.
12.    Menganalisis pendidikan multikultural dalam kaitannya dengan posisi pendidik PAI di Indonesia.

D.         MATERI PERKULIAHAN

Pertemuan ke
Topik
Sumber
1
Pengantar dan Kontrak Kuliah


2

Hakikat manusia dan pengembangannya
• Umar Tirtarahardja dan La Sula.  
  Pengantar Pendidikan. (h. 1-28)
• Redja Mudyahardjo. Pengantar
  Pendidikan. (h. 17-39).
• H.A.R. Tilaar. Pendidikan
  Kebudayaan dan Masyarakat
  Madani Indonesia. (h. 127-140).

3

Unsur-unsur pendidikan
• Umar Tirtarahardja dan La Sula.
  Pengantar Pendidikan. (h. 32-78)
• Wens Tanlain dkk. Dasar-Dasar
  Ilmu Pendidikan. ( h. 17-58)
• Noeng Muhadjir. Ilmu Pendidikan
  dan Perubahan Sosial. (h. 1- 24).

4

Landasan dan asas-asas pendidikan

• Umar Tirtarahardja dan La Sula.
  Pengantar Pendidikan. (h. 81-124)
• Nursid Sumaatmadja. Pendidikan
  Pemanusiaan Manusia Manusiawi.
  (h. 44-84).

5

Lingkungan pendidikan

• Umar Tirtarahardja dan La Sula.
  Pengantar Pendidikan. (h.162-188)
• Wens Tanlain dkk. Dasar-Dasar
  Ilmu Pendidikan. ( h. 38-47)

6


Aliran-aliran pendidikan

• Umar Tirtarahardja dan La Sula.
  Pengantar Pendidikan. (h.191-221)
• Redja Mudyahardjo. Pengantar
  Pendidikan. (h. 113-168).

7


Pendidikan dan perubahan sosial

• Umar Tirtarahardja dan La Sula.
  Pengantar Pendidikan. (h.129-156)
• H.A.R. Tilaar. Perubahan Sosial
  dan Pendidikan.

8


Permasalahan pendidikan

• Umar Tirtarahardja dan La Sula.
  Pengantar Pendidikan. (h.225-
  258)
• Ace Suryadi dan Dasim, B.
  Pendidikan Nasional Menuju
  Masyarakat Indonesia Baru
• Sudarwan Danim. Agenda
  Pembaharuan Sistem Pendidikan.

9


Sistem Pendidikan Nasional
• Umar Tirtarahardja dan La Sula.  
  Pengantar Pendidikan. (h.262-297)
• UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003.

10


Pendidikan dan pembangunan

•  Umar Tirtarahardja dan La Sula.  
  Pengantar Pendidikan. (h.300-318)
• Redja Mudyahardjo. Pengantar
  Pendidikan. (h. 491-510).

11


Posisi PAI dalam konteks pendidikan nasional Indonesia.



• Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu
  Pendidikan (h. 149-185)

12


Pendidikan multikultural

• H.A.R. Tilaar. Multikulturalisme;
  Tantangan Global Masa Depan
  dlm Transformasi Pend. Nasional.
• Ainul Yaqin. Pendidikan
  Multikultural.


E.     PENILAIAN
Untuk menentukan kelulusan mahasiswa dalam mengikuti kuliah Penganatar Ilmu Pendidikan  ini, perlu dilakukan evaluasi secara periodik.  Jenis evaluasi dan sebaran persentase untuk setiap jenis evaluasi tersebut adalah sebagai berikut.

1. Kehadiran                                                                           : 25 %
2. Makalah dan partisipasi diskusi                                          : 25 %
3. Ujian Tengah Semester                                                       : 25 %
4. Ujian Akhir Semester                                                                      : 25 %
                                                                              _________________  +         
                                                                              Jumlah: 100%

Adapun bobot penilaian yang digunakan sesuai dengan Panduan Studi Fakultas Tarbiyah Pendidikan Agama Islam USM, yakni: A (80-100), B (66-79), C (56-65), D (46-55) dan E (0-45).


F.     MEDIA: Laptop, LCD dan Internet


G.    REFERENSI
• Ace Suryadi dan Dasim, B. (2004). Pendidikan Nasional Menuju Masyarakat Indonesia Baru. Bandung: Genesindo.
•  Ainul Yaqin. (2005) Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pilar Media.
•  Hasbullah.  (2001).      Dasar-Dasar Ilmu  Pendidikan.    Jakarta: Grafindo Persada.
•  H.A.R. Tilaar. (1999).   Pendidikan  Kebudayaan  dan  Masyarakat  Madani Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.
• H.A.R. Tilaar. ( (2004). Multikulturalisme; Tantangan Global Masa Depan  dlm Transformasi Pend. Nasional. Jakarta: Grasindo.
• H.A.R. Tilaar. ( 2002). Perubahan Sosial  dan Pendidikan; Pengantar  Pedagogik Transformatik untuk Indonesia. Jakarta: Grasindo.
• Noeng Muhadjir. (1993). Ilmu Pendidikan  dan Perubahan Sosial. Yogyakarta: Rake Sarasin.
• Nursid Sumaatmadja. (2002).  Pendidikan  Pemanusiaan  Manusia Manusiawi. Bandung: Alfabeta.
• Redja Mudyahardjo. (2001). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.
• Sudarwan Danim. (2003). Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
• Umar Tirtarahardja dan La Sula.   (2000). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
• Wens Tanlain dkk. ( 1996). Dasar-Dasar  Ilmu Pendidikan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
•  UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003.
•  Dan buku-buku lain yang relevan.

H.        METODE DAN PROSEDUR PERKULIAHAN
1.      Metode yang digunakan dalam perkuliahan antara lain: dialog, chapter review, penyusunan makalah, presentasi dan diskusi.
2.      Perkuliahan yang diselenggarakan akan dibagi menjadi beberapa kelompok pertemuan: a) kuliah pendahuluan dan kontrak perkuliahan; b) kuliah partisipatoris antara lain dialog, presentasi makalah dan diskusi; c) review dan evaluasi kegiatan perkuliahan.

I.           TUGAS MAHASISWA
1.      Mahasiswa sudah membaca bahan perkuliahan sebelum mengikuti kuliah.
2.      Mahasiswa diwajibkan menyusun makalah dan selanjutnya dipresentasikan.
3.      Ketentuan makalah dan book review: a) latar belakang; b) masalah yang akan dibahas; c) penyajian dan analisis; d) kontribusi hasil kajian bagi pengembangan pendidikan di Indonesia.


Banda Aceh, 05 Oktober 2017

Dosen Pengasuh Mata Kuliah Ilmu Pendidikan II
Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah
Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh



Muhammad Syarif, S. Pd. I., MA

NIDN: 1329078501

No comments:

Post a Comment