Muhammad Syarif, S. Pd. I., MA
A. DESKRIPSI
SINGKAT
Mata
kuliah ini membahas tentang dasar-dasar pendidikan yang meliputi; hakikat
manusia dan pengembangannya, unsur-unsur pendidikan, landasan dan asas-asas
pendidikan, lingkungan pendidikan, aliran-aliran pendidikan, pendidikan dan
perubahan sosial, permasalahan pendidikan,
sistem pendidikan nasional, pendidikan dan pembangunan, Pendidikan Agama
di Indonesia, dan pendidikan multikultural.
B. KOMPETENSI
Mahasiswa
mampu memahami dan mengembangkan konsep dasar pendidikan secara komprehensif
dan fungsional, sehingga dapat membangun sikap kritis dan konstruktif dalam
menanggapi teori-teori dan praktek pendidikan yang berkembang.
C. INDIKATOR
1.
Menjelaskan hakikat manusia dan
arah pengembangannya.
2.
Mendeskripsikan pengertian
pendidikan, ilmu pendidikan, dan unsur-unsur yang terkandung di dalamnya.
3.
Menjabarkan posisi pendidik dalam
proses pendidikan.
4.
Menjelaskan landasan dan asas-asas
pendidikan.
5.
Mendeskripsikan lingkungan pendidikan.
6.
Menganalisis aliran-aliran
pendidikan yang berkembang.
7.
Menjelaskan pendidikan dan
perubahan sosial yang terjadi saat ini dan di masa yang akan datang.
8.
Menganalisis permasalahan
pendidikan yang terjadi di Indonesia.
9.
Menjelaskan sistem pendidikan nasional.
10.
Menjelaskan kaitan antara
pendidikan dan pembangunan.
11.
Menganalisis posisi PAI dalam
konteks pendidikan nasional Indonesia.
12.
Menganalisis pendidikan
multikultural dalam kaitannya dengan posisi pendidik PAI di Indonesia.
D.
MATERI PERKULIAHAN
Pertemuan ke
|
Topik
|
Sumber
|
1
|
Pengantar dan Kontrak Kuliah
|
|
2
|
Hakikat manusia dan pengembangannya
|
• Umar Tirtarahardja dan La Sula.
Pengantar Pendidikan. (h. 1-28)
• Redja Mudyahardjo. Pengantar
Pendidikan. (h.
17-39).
• H.A.R. Tilaar. Pendidikan
Kebudayaan dan Masyarakat
Madani Indonesia.
(h. 127-140).
|
3
|
Unsur-unsur pendidikan
|
• Umar Tirtarahardja dan La Sula.
Pengantar Pendidikan. (h. 32-78)
• Wens Tanlain dkk. Dasar-Dasar
Ilmu Pendidikan. (
h. 17-58)
• Noeng Muhadjir. Ilmu Pendidikan
dan Perubahan Sosial. (h. 1- 24).
|
4
|
Landasan dan asas-asas pendidikan
|
• Umar Tirtarahardja dan La Sula.
Pengantar Pendidikan. (h. 81-124)
• Nursid Sumaatmadja. Pendidikan
Pemanusiaan Manusia Manusiawi.
(h.
44-84).
|
5
|
Lingkungan pendidikan
|
• Umar Tirtarahardja dan La Sula.
Pengantar Pendidikan. (h.162-188)
• Wens Tanlain dkk. Dasar-Dasar
Ilmu Pendidikan. (
h. 38-47)
|
6
|
Aliran-aliran pendidikan
|
• Umar Tirtarahardja dan La Sula.
Pengantar Pendidikan. (h.191-221)
• Redja Mudyahardjo. Pengantar
Pendidikan. (h.
113-168).
|
7
|
Pendidikan dan perubahan sosial
|
• Umar Tirtarahardja dan La Sula.
Pengantar Pendidikan. (h.129-156)
• H.A.R. Tilaar. Perubahan Sosial
dan Pendidikan.
|
8
|
Permasalahan pendidikan
|
• Umar Tirtarahardja dan La Sula.
Pengantar Pendidikan. (h.225-
258)
• Ace Suryadi dan Dasim, B.
Pendidikan Nasional Menuju
Masyarakat Indonesia Baru
• Sudarwan Danim. Agenda
Pembaharuan Sistem Pendidikan.
|
9
|
Sistem Pendidikan Nasional
|
• Umar Tirtarahardja dan La Sula.
Pengantar Pendidikan. (h.262-297)
• UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003.
|
10
|
Pendidikan dan pembangunan
|
• Umar Tirtarahardja dan La Sula.
Pengantar Pendidikan. (h.300-318)
• Redja Mudyahardjo. Pengantar
Pendidikan. (h.
491-510).
|
11
|
Posisi PAI dalam konteks pendidikan nasional
Indonesia.
|
• Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu
Pendidikan (h.
149-185)
|
12
|
Pendidikan multikultural
|
• H.A.R. Tilaar. Multikulturalisme;
Tantangan Global Masa Depan
dlm Transformasi Pend. Nasional.
• Ainul Yaqin. Pendidikan
Multikultural.
|
E. PENILAIAN
Untuk menentukan
kelulusan mahasiswa dalam mengikuti kuliah Penganatar Ilmu Pendidikan ini, perlu dilakukan evaluasi secara periodik.
Jenis evaluasi dan sebaran persentase
untuk setiap jenis evaluasi tersebut adalah sebagai berikut.
1. Kehadiran :
25 %
2. Makalah dan partisipasi diskusi : 25 %
3. Ujian Tengah Semester :
25 %
4. Ujian Akhir Semester :
25 %
_________________ +
Jumlah: 100%
Adapun bobot
penilaian yang digunakan sesuai dengan Panduan Studi Fakultas Tarbiyah Pendidikan Agama
Islam USM,
yakni: A (80-100), B (66-79), C (56-65), D (46-55) dan E (0-45).
F. MEDIA: Laptop, LCD dan Internet
G. REFERENSI
• Ace Suryadi dan Dasim, B. (2004). Pendidikan
Nasional Menuju Masyarakat Indonesia Baru. Bandung: Genesindo.
• Ainul Yaqin. (2005) Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pilar Media.
• Hasbullah. (2001). Dasar-Dasar
Ilmu Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.
• H.A.R. Tilaar. (1999). Pendidikan
Kebudayaan dan Masyarakat
Madani Indonesia. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
• H.A.R. Tilaar. ( (2004). Multikulturalisme;
Tantangan Global Masa Depan dlm
Transformasi Pend. Nasional. Jakarta: Grasindo.
• H.A.R. Tilaar. ( 2002). Perubahan
Sosial dan Pendidikan; Pengantar Pedagogik Transformatik untuk Indonesia.
Jakarta: Grasindo.
• Noeng Muhadjir. (1993). Ilmu
Pendidikan dan Perubahan Sosial.
Yogyakarta: Rake Sarasin.
• Nursid Sumaatmadja. (2002). Pendidikan Pemanusiaan Manusia Manusiawi. Bandung: Alfabeta.
• Redja Mudyahardjo. (2001). Pengantar
Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.
• Sudarwan Danim. (2003). Agenda
Pembaharuan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
• Umar Tirtarahardja dan La Sula.
(2000). Pengantar Pendidikan.
Jakarta: Rineka Cipta.
• Wens Tanlain dkk. ( 1996). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Gramedia Pustaka
Utama.
•
UU Sisdiknas No. 20 Tahun 2003.
• Dan buku-buku lain yang relevan.
H.
METODE DAN PROSEDUR PERKULIAHAN
1.
Metode yang digunakan dalam
perkuliahan antara lain: dialog, chapter review, penyusunan makalah, presentasi
dan diskusi.
2.
Perkuliahan yang diselenggarakan
akan dibagi menjadi beberapa kelompok pertemuan: a) kuliah pendahuluan dan
kontrak perkuliahan; b) kuliah partisipatoris antara lain dialog, presentasi
makalah dan diskusi; c) review dan evaluasi kegiatan perkuliahan.
I.
TUGAS MAHASISWA
1.
Mahasiswa sudah membaca bahan
perkuliahan sebelum mengikuti kuliah.
2.
Mahasiswa diwajibkan menyusun
makalah dan selanjutnya dipresentasikan.
3.
Ketentuan makalah dan book review:
a) latar belakang; b) masalah yang akan dibahas; c) penyajian dan analisis; d)
kontribusi hasil kajian bagi pengembangan pendidikan di Indonesia.
Banda Aceh, 05 Oktober 2017
Dosen Pengasuh Mata Kuliah Ilmu Pendidikan II
Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah
Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh
Muhammad Syarif, S. Pd. I., MA
NIDN: 1329078501
No comments:
Post a Comment