1. Ciri-ciri Anak Supernomal
Berdasarkan kenyataan, anak cerdas mulai tampak sejak
kecil, ketika bermain mereka mengalahkan teman-teman yang lain, ketika belajar
mengungguli pelajar yang lain, sehingga anak ini akan menguasai teman-teman
lainnya. Mereka merasa tercipta untuk menjadi tuan, bukan anak buah dari
lingkungannya.
Agar orang tua bisa memahami anak yang unggul dan cerdas
orang tua dapat memperhatikan sifat-sifat yang berbeda dengan teman lainnya :
1. Dari aspek fisik, ia sedikit
lebih unggul dibandingkan teman-teman sebayanya, baik tinggi, bobot dan
kesehatan.
2. Anak cerdas lebih mampu berkonsentrasi
dalam waktu yang relatif lama, disini pula orang tua dapat mengetahui bahwa
perhatiannya sangat dalam, menyeluruh dan intens. Tanda-tanda kecerdasannya
ditunjukkan dengan kemampuannya dalam mencipta. Jika mengikuti dorongan dan
keinginannya, maka peraturan sekolah merupakan penyebab yang cukup kuat dalam
menggugurkan kuncup sebelum berkembang.
3. Anak cerdas lebih mampu
memahami mulai dari masalah material sampai ke masalah –masalah yang abstrak.
4. Anak cerdas cepat mengambil
sikap dengan baik dalam kehidupan masyarakat meskipun situasi lingkungan
masyarakatnya sangat jelek.
Untuk memperjelas perbedaan anak supernormal akan penulis
uraikan ciri-ciri dari masing-masing tingkatan. Adapun ciri-ciri anak
supernormal (genius, Gifted/veri superior dan superior) adalah :
2. Ciri-ciri anak genius
Anak Genius dapat juga disebut dengan sebutan “Gifted
Talented”, memiliki ptensial yang sangat tinggi sekali dalam prestasi
belajar dan penonjolan kemampuan yang luar biasa pada suatu bidang tertentu.
Ciri-ciri anak supernormal intelektual /genius
menurut S.C Utami Munandar antara lain :
a. Mudah menangkap pelajaran
b. Ingatan baik
c. Perbendaharaan kata luas
d. Penalaran tajam (berfikir
logis, kritis), memahami hubungann sebab akibat
e. Daya konsentrasi baik
(perhatian tidak mudah teralihkan)
f. Menguasai banyak bahan
tentang macam-macam topik
g. Senang dan sering membaca
h. Ungkapan diri lancar dan
jelas
i.
Pengamat yang cermat
j.
Senang mempelajari kamus, peta, ensiklopedi
k. Cepat memecahkan soal
l.
Cepat menemukan kekeliruan /kesalahan
m. Cepat menemukan asas dalam
suatu uraian
n. Mampu membaca pada usia
lebih muda
o. Daya abstraksi tinggi
p. Selalu sibuk menangani
berbagai hal.[1]
Sedangkan Quraisy syihab dalam bukunya “Pengantar
Psikologi” menyatakan bahwa ciri-ciri anak genius adalah :
1. Pada masa kanak-kanaknya
sangat cerdas atau kepandaian yang dimiliki luar biasa.
2. Selain kecerdasan yang luar
biasa juga sifat-sifat pribadinya sangat menonjol, sangat menunjang
prestasinya, sifat-sifatnya misalnya ketekunan, keuletan dalam berusaha
mencapai sesuatu, punya kepercayaan dan keyakinan diri yang besar terhadap
pekerjaan yang dipilihnya.[2]
3. Ciri-ciri anak Gifted /
Very Superior
Fileger dalam karangannya menyebutkan ciri-ciri
anak Gifted di bidang science adalah :
a. Mempunyai perhatian terhadap
science pada waktu masih pra-sekolah
b. Serba ingin tahu apa yang
menyebabkan benda-benda bekerja
c. Kemampuan untuk mengerti
ide-ide abstrak pada usia masih muda
d. Mempunyai imajinasi kuat
akan benda-benda ilmiah
e. Senang akan koleksi
f. Memiliki daya kemampuan yang
tinggi di bidang membaca
g. Memliki daya kemampuan yang
tinggi di bidang matematika
h. Cenderung berfikir secara
kuantitatif
i.
Kemauan untuk aktif dan berprestasi dalam olah raga.[3]
j.
Rasa tidak puas yang beralasan, yang bagi anak-anak lain
cukup puas/ menerima begitu saja akan hal-hal ilmiah.
4. Ciri-ciri anak superior
Ciri-ciri anak superior menurut Baker yaitu :
a. Mulai dapat berbicara lebih
awal dari anak normal
b. Menunjukkan beberapa
kemampuan khusus dalam mnyusun kata-kata untuk menyampaikan jalan pikirannya
c. Memulai sekolah pada umur yang
sama sebagai rata-rata anak
d. Dapat sedikit membaca
sebelum mulai sekolahnya
e. Tidak mengalami kegagalam
selama masa sekolah
f. Di sekolah ia dapat
mengerjakan pekerjaannya dengan mudah dan memberi kesan ia akan berhasil tanpa
banyak usaha
g. Ia mendapat perhatian dari
teman-temannya dan menjadi pemimpin dalam gerakan siswa, publikasi, sekolah dan
sebaginya
h. Menunjukkan inisiatif dalam
hal-hal di luar sekolah
i.
Tertarik pada atletik atau musik
j.
Pehatian terhadap bacaan luas.[4]
Dari uraian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa
ciri-ciri anak supernormal ialah :
1. Memiliki intelegensi
di atas normal
2. Makin tinggi IQ-nya makn
baik daya abstraksinya
3. Berfikir secara logis ,
kritis, rasional, dan kreatif
4. Perkembangan mentalnya lebih
cepat dari umur kalender
5. Lingkungan sangat berperan
pada perkembangannya
6. Mempunyai prestasi yang
tinggi, baik dalam maupun di luar sekolah
7. Perhatian terhadap bacaan
luas dan memiliki koleksi pribadi
8. Perhatian terhadap bacaan
luas dan memiliki koleksi pribadi
9. Tidak pernah mendapat
kesulitan dari pelajaran di sekolah
Perkembangan
fisik, psikis dan bahasanya lebih pesat
dari anak normal.[5]
No comments:
Post a Comment