- Pengertian Kepala Sekolah
Kepala
sekolah berasal dari dua kata yaitu ‘kepala’ dan ‘sekolah’. Kata ‘kepala’ dapat
diartikan ‘ketua’ atau ‘pemimpin’ dalam suatu organisasi atau sebuah lembaga.
Sedang ‘sekolah’ adalah sebauh lembaga dimana menjadi tempat menerima dan
memberi pelajaran.[1] Dengan
demikian secara sederhana kepala sekolah dapat didefenisikan sebagai “seorang
tenaga fungsional guru yang diberi tugas
memimpin suatu sekolah di mana
diselenggarakan proses belajar mengajar, atau tempat dimana terjadi interaksi
antara guru yang memberi pelajaran dan murid menerima pelajaran.
Kepala
sekolah termasuk pemimpin formal dalam lembaga pendidikan. Diartikan sebagai
kepala, karena kepala sekolah adalah pejabat tertinggi di sekolah, kepala
sekolah sebagai pemimpin pendidikan dilihat dari status dan cara pengangkatan
tergolong resmi “Formal Leader atau Operasional Leader tergantung kepada prestasi dan kemampuannya di dalam
memainkan peran sebagai pemimpin pendidikan pada sekolah yang telah diserahkan
tanggung jawab kepadanya.[2]
Berdasarkan
kutipan di atas, maka tanggung jawab kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan
adalah untuk menciptakan situasi belajar mengajar yang baik, sehingga guru-guru
dapat mengajar dan murid-murid dapat belajar dengan baik.
- Peran
Kepala Sekolah
Kepala
sekolah yang efektif dalam mengelola program dan kegiatan pendidikan adalah
yang mampu memberdayakan seluruh potensi kelembagaan dalam menentukan
kebijakan. Pengadministrasian dan inovasi kurikulum di sekolah yang
dipimpinnya. Memberdayakan seluruh potensi kelembagaan berarti mendayagunakan
seluruh potensi secara profesional, benar dan jujur atau tidak pilih kasih.
Memberikan tugas kepada orang dengan prioritas utama sesuai bidangnya, jika
tidak terpenuhi barulah dipertimbangkan yang mendekati bidangnya. Cara kerja
yang demikian itu adalah cara kerja profesional dan beretika, mengedepankan
cara kerja yang objektif menghindari cara kerja yang subjektif.
Kepala
sekolah yang berhasil apabila mampu bekerja secara profesional dan memahami
keberadaan sekolah sebagai organisasi yang kompleks dan unik, serta mampu
melaksankan peran kepala sekolah sebagai
seseorang yang diberi tanggung jawab untuk memimpin kepala sekolah. Kepala
sekolah dilukiskan sebagai orang yang memiliki harapan tinggi bagi staf dan
para siswa, kepala sekolah adalah mereka yang banyak mengetahui tugas-tugas
mereka dan mereka yang menentukan irama bagi sekolah mereka.
Berdasarkan
uraian di atas menunjukkan betapa pentingnya peran kepala sekolah dalam
menggerakkan kehidupan sekolah mencapai tujuan. Ada dua hal yang perlu
diperhatikan yaitu sebagai berikut:
- Kepala sekolah berperan sebagai kekuatan sentral yang menjadi kekuatan penggerak kehidupan sekolah.
- Kepala sekolah harus memahami tugas dan fungsi mereka demi keberhasilan sekolah, serta memiliki kepedulian kepada staf dan siswa.[3]
Kepala
sekolah merupakan pemimpin pendidikan yang sangat penting karena kepala sekolah
berhubungan langsung dengan pelaksanaan program pendidikan di sekolah.
Ketercapaian tujuan pendidikan sangat tergantung pada kecakapan dan
kebijaksanaan kepala sekolah sebagai salah satu pemimpin pendidikan. Hal ini
karena kepala sekolah merupakan seorang pejabat yang profesional dalam
organisasi sekolah yang bertugas mengatur semua sumber organisasi dan
bekerjasama dengan guru-guru dalam mendidik siswa untuk mencapai tujuan
pendidikan.
Kegiatan
lembaga pendidikan sekolah di samping diatur oleh pemerintah, sesungguhnya
sebagian besar ditentukan oleh aktivitas kepala sekolahnya. Kepala sekolah
merupakan kunci kesuksesan sekolah dalam mengadakan perubahan. Sehingga
kegiatan meningkatkan dan memperbaiki program dan proses pembelajaran di
sekolah sebagian besar terletak pada diri kepala sekolah itu sendiri. Kepala sekolah memiliki peran dan
tanggungjawab sebagai manajer pendidikan, pemimpin pendidikan, supervisor
pendidikan dan administrator pendidikan.
Dalam
melaksanakan tugas dan fungsinya, kepala sekolah memiliki gaya kepemimpinan
masing-masing, yang sangat mempengaruhi kinerja para bawahannya di lingkungan
kerjanya masing-masing. Kegagalan dan keberhasilan sekolah banyak ditentukan
oleh kepala sekolah, karena kepala sekolah merupakan pengendali dan penentu
arah yang hendak ditempuh dalam mencapai tujuan. Keberhasilan sekolah merupakan
keberhasilan kepala sekolah dalam melaksankan tugas dan fungsinya.
Sebagaimana
telah disampaikan di muka, bahwa kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan
mempunyai tugas memadukan unsur-unsur sekolah dengan memperhatikan situasi
lingkungan budayanya yang merupakan kondisi bagi terciptanya sekolah yang efektif. Sekolah yang efektif
adalah sekolah yang memiliki mutu yang baik. Artinya, bahwa mutu siswa yang
dihasilkan oleh sekolah itu mempunyai kemampuan dan keterampilan sesuai dengan
tuntutan dan keinginan masyarakat dan menjawab tantangan moral, mental dan
perkembangan ilmu serta teknologi. Siswa yang bermutu adalah siswa yang
memiliki kemampuan dan potensi mengembangkan dirinya menjadi warga yang berguna
bagi nusa, bangsa dan negara. Dengan demikian, maka kepala sekolah adalah
seorang pemimpin pada suatu lembaga pendidikan yang mempunyai tugas untuk
melaksanakan fungsi-fungsi manajemen, yaitu merencanakan, mengorganisasikan,
mengkoordinasikan, mengawasi dan menyelesaikan seluruh kegiatan pendidikan di
sekolah dalam rangka pencapaian tujuan pendidikan dan pengajaran secara
bersama-sama.
No comments:
Post a Comment