Peumanoe dara baro sudah menjadi suatu kebiasaan di kalangan masyarakat pesisir Barat-Selatan Aceh. Kebiasaan tersebut sudah merupakan nilai-nilai budaya yang hidup dan berkembang dalam masyarakat dari masa kemasa yang akhirnya menjadi adat. Sedangkan adat istiadat adalah seperangkat nilai, qaidah dan keyakinan masyarakat yang tumbuh dan berakar dalam kehidupan masyarakat itu sendiri.
Dengan demikian, peumanoe dara baroe dilihat
dari pertumbuhan dan perkembangannya, ia merupakan Reusam yaitu kegiatan dan aturan-aturan yang
telah di tetapkan dalam musyawarah orang terkemuka (patot-patot) yang diterapkan dalam masyarakat tertentu dan berbeda
dari satu daerah dengan daerah lain atau dari satu masyarakat dengan masyarakat
lain. Reusam ini yang banyak orang
dipahami sebagai adat meuadat (adat
istiadat) dengan sebuah ungkapan berbunyi:
Meu meugah-meugah bak ureueng meupangkat,
Adat meuadat bak ureueng kaya,
Bak kamo gasien han ek adat meuadat,
Bak kamo meularat nyang na cit do’a.[1]
Maksudnya,
bahwa bermegah-megah itu hanya ada pada orang-orang yang berpangkat, adat
beradat hanya mampu dilakukan oleh orang kaya, pada kami orang miskin tidak mampu
melaksanakan adat beradat, pada kami orang melarat, yang ada hanya do’a.
Pada
masa lampau upacara peumanoe calon dara baro dilakukan penuh khidmat dan
mempunyai makna dalam kehidupan masyarakat. Peumanoe
dara baro sering juga disebut dengan “peumanoe
pucoek”, dengan maksud bahwa calon dara
baro sebelum duduk menjadi pengantin, harus dimandikan/dibersihkan dari
bermacam-macam noda pisik dan noda dalam bentuk tingkah laku yang tidak baik.
Dengan menggunakan alat perlengkapan, berupa segala ujung-ujung (pucok) daun pisang, janur kelapa atau oen pucoek u, bunga dan disertai dengan
do’a dan shalawat kepada Nabi Muhammad Saw.[2]
Secara
sepintas asal usul peumanoe pucoek dapat
diikuti seperti ulasan berikut; bahwa seorang bangsawan yang memperoleh seorang
putri yang sangat cantik jelita. Diwaktu isteri raja melahirkan seorang putri,
isteri raja tersebut tidak bisa bangun untuk memandikan putri tersebut karena
istri raja terbaring lemas baru melahirkan lantas yang memandikan putri
tersebut adalah bidan yang menolong isteri raja melahirkan. Setelah putri tersebut dewasa datang seorang pemuda meminang putri
tersebut untuk dijadikan istrinya, lantas istri raja timbul pemikiran ingin
memandikan putrinya sebelum dinikahkan dengan pemuda tersebut. Wate lahe bidan peumanoe, oh katroh Judo peumanoe oleh ma.
Kemudian isteri raja mencari bunga dan minyak wangian di masukkan kedalam
tempayan (mundam) yang berisi air lalu isteri raja menyuruh putrinya duduk dan
memandikannya. Dalam suasana haru isteri raja melantunkan syair dengan
nasehat-nasehat kepada anaknya yang akan nikah dan pergi meninggalkan
ibundanya, sehingga tidak tahu hari, bulan dan tahun akan berjumpa lagi. Dengan
air mata yang berlinang-linang dan nafas yang tersendat-sendat ibundanya
menuturkan:
Dengan bismillah lon peuphon rawi
Lake bak Rabbi beu sampurna
Dari awai phon sampoe ngon akhe
Beu meu sampe peumanoe gata
Tron tajak manoe
Dara baro tron tajak manoe
Oh lheuh manoe lakee sunalein
Ija nyang laen seunalen manoe
Wahe e aneuk got that meutuwah
Beu ek tabalah guna di Poma
Ureung laen han ek geubalah
Melainkan Allah balah guna ma
Tron tajak manoe
Dara baro tron tajak manoe
Oh lheuh manoe lakee seunalein
Ija nyang laen seunalen manoe
Bak tanggai “3 November thon 87”
Gata hai intan lahe u donya
Ayah dan Bunda seunang that hate
Karna ka lahe si bijeh mata
Tron tajak manoe
Dara baro tron tajak manoe
Oh lheuh manoe lakei seunalein
Ija nyang laen seunalein manoe
Hudep beu jroh hai bungong keumang
Peutimang Nanggroe rakyat beu seunang
Beu jeut gata keu panyoet tanglong
Peu puengeuh gampong jampang tan suwa
Tron tajak manoe
Dara baro tron tajak manoe
Oh lheuh manoe lakei seunalein
Ija nyang laen seunalein manoe
Bak gata sidroe gaseh ngon sayang
Uroe ngon malam dalam pangke ma
Ban seu um asoe gata ka saket
Ubat mak peujeb ngon ie mata
Tron tajak manoe
Dara baro tron tajak manoe
Oh lheuh manoe lakee seunalein
Ija nyang laen seunalein manoe
Bak gata sidroe gaseh ngon sayang
Dak jeut bek leukang barang kajan masa
Dak jeut bek jarak meu sipade
Dak jeut bek meucre meu si deupa
Tron tajak manoe
Dara baro tron tajak manoe
Oh lheuh manoe lakee seunalein
Ija nyang laen seunalein manoe
Wahe putroe aneuk meutuwah
Gata lon seurah meunyoe tinggai poma
Meunyoe tajak bek tuwo kamoe
Trep-trep sigoe tajingeuk poma
Tron tajak manoe
Dara baro tron tajak manoe
Oh lheuh manoe lakei seunalen
Ija nyang laen seunalein manoe
Lake bak Rabbi beu sampurna
Dari awai phon sampoe ngon akhe
Beu meu sampe peumanoe gata
Tron tajak manoe
Dara baro tron tajak manoe
Oh lheuh manoe lakee sunalein
Ija nyang laen seunalen manoe
Wahe e aneuk got that meutuwah
Beu ek tabalah guna di Poma
Ureung laen han ek geubalah
Melainkan Allah balah guna ma
Tron tajak manoe
Dara baro tron tajak manoe
Oh lheuh manoe lakee seunalein
Ija nyang laen seunalen manoe
Bak tanggai “3 November thon 87”
Gata hai intan lahe u donya
Ayah dan Bunda seunang that hate
Karna ka lahe si bijeh mata
Tron tajak manoe
Dara baro tron tajak manoe
Oh lheuh manoe lakei seunalein
Ija nyang laen seunalein manoe
Hudep beu jroh hai bungong keumang
Peutimang Nanggroe rakyat beu seunang
Beu jeut gata keu panyoet tanglong
Peu puengeuh gampong jampang tan suwa
Tron tajak manoe
Dara baro tron tajak manoe
Oh lheuh manoe lakei seunalein
Ija nyang laen seunalein manoe
Bak gata sidroe gaseh ngon sayang
Uroe ngon malam dalam pangke ma
Ban seu um asoe gata ka saket
Ubat mak peujeb ngon ie mata
Tron tajak manoe
Dara baro tron tajak manoe
Oh lheuh manoe lakee seunalein
Ija nyang laen seunalein manoe
Bak gata sidroe gaseh ngon sayang
Dak jeut bek leukang barang kajan masa
Dak jeut bek jarak meu sipade
Dak jeut bek meucre meu si deupa
Tron tajak manoe
Dara baro tron tajak manoe
Oh lheuh manoe lakee seunalein
Ija nyang laen seunalein manoe
Wahe putroe aneuk meutuwah
Gata lon seurah meunyoe tinggai poma
Meunyoe tajak bek tuwo kamoe
Trep-trep sigoe tajingeuk poma
Tron tajak manoe
Dara baro tron tajak manoe
Oh lheuh manoe lakei seunalen
Ija nyang laen seunalein manoe
Wahe aneuk si biran tulang
Aneuk lon sayang si bijeh mata
Meunyoe ka tajak bek tuwo u likeut
Hate beu meusangkot keu keluarga.[3]
Pada sisi lain, EMTAS menulis tentang asal muasal atau sejarah peumanoe pucoek adalah permintaan
terakhir orang tua untuk memandikan anaknya menjelang dinikahkan. Dalam sebuah
cerita rakyat menurut Muhammad Umar, Emtas mengangkat kisah seorang anak di Kuala Batee (sebuah kerajaan kecil) yang
sekarang termasuk ke dalam wilayah Kabupaten Aceh Barat yang kisahnya sebagai
berikut: Malelang adalah seorang anak laki-laki yang ceria dan setiap hari
bermain dengan adik sepupu bernama Madiun (seorang perempuan). Karena mereka
bergumul merebutkan buah pinang, secara kebetulan dilihat oleh wazir kerajaan,
kemudian dilapor kepada raja bahwa Malelang dan Madiun terjadi perzinaan.
Kemudian raja memerintahkan anak tersebut untuk dihukum cambuk. Atas kejadian
itu, kedua orang tua mereka bermohon kepada raja agar memberikan waktu untuk
mengadakan upacara penyampaian pesan/ nasehat terakhir kepada kedua anak
tersebut. Dengan memberikan pesan baru kedua anak tersebut dimandikan oleh
ibunya, kemudian keduanya didudukkan berdampingan sambil dimandikan dan diratapi dengan kata-kata sedih dan nasehat
terakhir agar keduanya bersabar dan mengigat Allah Tuhan Yang Maha Kuasa.[4]
Dahulu upacara ini dilaksanakan sangat terbatas, yaitu bagi mereka yang
di anggap mampu dan dikalangan kaum bangsawan dan orang kaya. Pada akhir-akhir
ini, di semua golongan dan tingkat peumanoe
pucoek dan juga linto baro, di
daerah tertentu sudah merupakan suatu kegiatan tidak ditinggalkan sebelum
pengantin duduk bersanding (duek sandeing)
di pelaminan.
Kenyataan yang terjadi sampai sekarang ini, peumanoe pucoek tidak hanya pada dara baro dan linto baro,
akan tetapi juga sudah berkembang kepada pelaksanaan sunat rasul yang dilakukan
sama dengan kegiatan peumanoe dara baro
dan linto baro.
Sebagaimana yang telah dikemukakan
di atas, bahwa peumanoe dara baro (peumanoe pucoek) sudah merupakan suatu
nilai-nilai budaya yang hidup dan berkembang dalam masyarakat. Peumanoe dara baroe sudah merupakan
suatu adat/ kebiasaan bagi masyarakat pesisir Barat dan Selatan dan terus
dilestarikan.
Bila
dikaji lebih mendalam, masyarakat Aceh sudah lama terpatri bahwa agama dan adat
merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Perilaku
seseorang dalam masyarakat sangat ditentukan oleh penghayatan dan cara mereka
memahami agama dan adatnya. Agama memberi landasan dan pedoman hidup, sementara
adat berfungsi sebagai saringan dan kemasan yang menampakkan sosok keseluruhan
budi pekerti masyarakat. Hal tersebut sesuai dengan maksud hadih maja yaitu:
“Adat Bak Po Teumeureuhom Hukum Bak Syiah
Kuala, Qanun Bak Putroe Phang Reusam Bak Lakseumana”.
Dalam
hal ini oleh Muhammad Umar mengulas kembali makna yang terkandung dalam kalimat
Adat Bak Po Teumeureuhom ialah adat
yang penanggung jawabnya adalah Almarhum Sultan Iskandar Muda, sebab waktu
Sultan Iskandar Muda masih hidup, adat tersebut sangat dijunjung tinggi dan
harus dijalankan, tanpa memandang tingkat/derajat dan pangkat/kedudukan
seseorang. Hal ini disebabkan bahwa Raja (Sultan) adalah pemegang dan simbol
dari adat tersebut, apabila Sultan lemah dalam melaksanakan adat,maka adat
tersebut tidak menjadi satu kekuatan dalam pelaksanaan pemerintah.[5]
Dengan
demikian, dapat dipahami bahwa Adat Bak
Poteu Meureuhom bermakna hukum adat dilaksanakan, diselenggarakan,
dipelihara dan dilestarikan oleh Raja atau Sultan atau peuguasa tertinggi
Negara. Hukum adat selalu dijalankan tanpa “memandang” siapa orang itu, artinya
setiap orang sama didepan hukum, tidak tiba dimata dipejamkan, tiba diperut
dikempiskan. Adat (hukum adat) berlaku untuk semua orang tanpa kecuali dan
berusaha memberi keadilan yang tepat secara optimal.
Apabila
dilihat dari sudut keberadaan manusia/ masyarakat maka ia sebagai makhluk
budaya dan makhluk susila. Dalam dirinya terhimpun semua alam mini,
nilai-nilai, norma-norma dan kaedah-kaedah. Jadi manusia tidak hanya hidup di
dunia empiris, tetapi juga ditengah-tengah nilai baik dan buruk, indah dan jelek,
adil dan tidak adil, benar dan salah, patuh dan tidak patuh serta sopan dan
tidak sopan.
Kalau
dilihat dari segi kehidupan dalam
masyarakat, maka nilai-nilai agama yang benar/makruf yang hidup dan berkembang
dalam masyarakat dapat dijadikan pedoman dalam penerapan hukum adat terhadap
orang yang melanggar atau seseorang yang mengabaikan hukum tersebut. Agama dan
adat mempunyai hubungan yang baik, yaitu agama dapat mengarahkan dan memulihkan
kerusakan adat, dan adat daapat membentengi agama Islam. Disamping itu
penghayatan dan pengalaman nilai-nilai Agama Islam akan lebih semarak dan
berkembang apabila didukung oleh adat istiadat yang benar dan sebaliknya adat
istiadat yang benar selalu berpedoman pada ajaran agama Islam.
Masyarakat
Aceh pada umumnya telah sejak lama dipengaruhi dengan paham agama Islam,
sehingga paham keagamaan sudah mengental dalam hidup dan kehidupan mereka.
Pengaruh yang begitu kental tealah menyebabkan pola pikir, pola sikap dan
perilaku dalam kehidupan sehari-hari disesuaikan dengan kaedah-kaedah Islam.
Mungkin saja mempelajari ajaran agama terasa berat dan sulit terutama bagi
orang banyak. Para cerdik pandai, para alim ulama dan para sesepuh masyarakat
pada masa dahulu, membungkus atau membingkai seluruh ajaran Islam dengan apa yang
mereka namakan “adat”. Dengan kata lain ajaran-ajaran agama yang sulit
dipelajari itu mereka susupkan (masukkan) dalam adat dan adat istiadat.
Dengan demikian, setiap orang yang
telah berbuat, bersikap, berperilaku dan bertindak sesuai dengan aturan adat,
maka sekaligus telah bermakna sejalan dengan ajaran agama Islam atau
setidak-tidaknya tidak menyimpang dari ajaran Islam itu sendiri. Hubungan antar
sesama manusia, hubungan dengan alam dan dengan Tuhan, bahkan hubungannya
dengan diri sendiri sudah cukup tertata oleh adat. Dengan demikian dapat di
artikan bahwa dengan mematuhi adat maka telah mematuhi ajaran-ajaran agama.
Dengan alasan tersebut, berarti budaya dan agama telah menyatu dalam kehidupan
masyarakat, sehingga sukar untuk dipisahkan. Begitu eratnya hubungan antara
adat dengan agama, dapat dibaca dalam ungkapan-ungkapan bahasa Aceh,
diantaranya yaitu sebagai berikut:
“Adat ngon hukom lagee zat ngon sipheuet”.
Ini bermakna bahwa adat (hukum adat) dan hukum (syari’at) ibarat benda dengan
sifatnya. Tidak dapat disangkal lagi, bahwa adat (ureung meuadat) mempunyai tata krama dalam semua kegiatan/
pergaulan, tidak berbicara dan bekerja seenaknya saja. Orang yang beradat
mempunyai adab/ peradaban, etika dan sopan santun yang tinggi. Seperti yang
terdapat dalam buku peradaban Aceh bahwa “Adat dibidang etika ialah adat yang
mengatur tatakrama dan sapan santun dalam rumah tangga, dalam keluarga/ kaum,
dan berinteraksi dalam masyarakat baik masyarakat sendiri, maupun masyarakat
antar suku/daerah dan juga dengan masyarakat antar bangsa”.[6]
Perpaduan antara adat dan agama bukan saja diaplikasikan dalam kehidupan
sehari-hari, akan tetapi juga harus ada kerja sama yang terpadu pelaksana
negara sejak dari tingkat rendah (geuchik)
sampai ke tingkat tinggi menteri dan Kepala Negara (Presiden).
Pada
sisi lain, agama dan adat pada dasarnya mengandung nilai-nilai dan sumber daya
yang dapat dijadikan modal untuk menggerakkan upaya pencapaian keadilan dan
kemakmuran serta kesejahteraan bagi semua lapisan masyarakat. Disadari bahwa
nilai yang bersumber pada agama dan adat sangat menekankan pada aspek
kejujuran, keterbukaan, keadilan dan kesungguhan dalam setiap kegiatan
kehidupan, sejak kehidupan dalam rumah tangga sampai pada kehidupan bernegara.
Demikian juga halnya dengan yang dipraktekkan dalam kehidupan masyarakat Aceh
secara umum, tidak terkecuali bagi masyarakat Aceh Selatan pada khususnya.
[1]Helmi
Z. Yunus, Manoe Pucok, (Banda Aceh:
Majelis Adat Aceh, 2013), hal. 15.
[2]Helmi
Z. Yunus, Manoe Pucok…, hal. 4.
[3]Referensi:
Syair tersebut disarikan dari Majalah Jeumala Edisi Juni 2011.
[4]Muhammad
Umar (EMTAS), Peradaban Aceh (Tamaddun),
(Banda Aceh: Yayasan Basafat, 2006), hal. 179-180.
[5]Muhammad
Umar (EMTAS), Peradaban Aceh…, hal.
76-80.
[6]Muhammad
Umar (EMTAS), Peradaban Aceh…, hal.
105.
No comments:
Post a Comment