IDENTITAS
DAN DESKRIPSI MATA KULIAH
A.
Identitas Mata kuliah
Nama Mata Kuliah : Metodologi Perkembangan Kognitif
AUD
Kode Mata kuliah :
-
Jumlah SKS : 2 SKS
Kelompok Mata Kuliah :
B.
Deskripsi Mata Kuliah
Pendidikan anak usia dini merupakan lembaga yang
memberikan layanan pendidikan kepada anak usia dini pada rentangan 4-7 tahun.
Para pendidik harus dapat memberiakan layanan secara profesionalpada anak
didiknya dalam rangka peletakan dasar pengetahuan. Oleh sebab itu pendidik
harus membekali diri untuk merancang program secara utuh sesuai dengan
perkembangan anak.. pada mata kuliah perkembangan kognitif akan diberikan
gambaran untuk mengkaji dan berlatih merancang serta menerapkan metode
pengembangan kognitif anak usia dini dengan berlandaskan pada berbagai teori
dan pendekatan
Rujukan Utama:
Hurlock.E.B, Perkembangan Anak jilid 1, Erlangga,
2004:113-280
Yuliani. H.S, Metode pengembangan kognitif,
Universitas Terbuka, 2004:1.1-1.25
SILABUS MATA KULIAH
1.
Identitas Mata Kuliah
a. Nama Mata Kuliah : Metodologi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini
b. Kode Mata Kuliah : -
c. Bobot sks mata kuliah : 2 SKS
d. Semester
: 4 (Empat)
e. Kelompok Mata Kuliah :
MKK – Program Studi
f. Prodi – Konsentrasi : PIAUD
g. Status Mata Kuliah : Wajib
h. Prasyarat
: -
i. Dosen
:
Muhamamd Syarif, S.Pd.I., MA
2.
Tujuan Mata Kuliah
- mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu
mengimplementasikan tentang hakikat pengembangan kognitif, teori-teori
pengembangan kognitif.
- mampu memilih metode dan alat evaluasi pengembangan
kognitif serta mampu menerapkan pengembangan kognitik pada anak usia dini.
3.
Deskripsi Isi
Pendidikan anak usia dini merupakan lembaga yang
memberikan layanan pendidikan kepada anak usia dini pada rentangan 4-7 tahun.
Para pendidik harus dapat memberiakan layanan secara profesionalpada anak
didiknya dalam rangka peletakan dasar pengetahuan. Oleh sebab itu pendidik
harus membekali diri untuk merancang program secara utuh sesuai dengan perkembangan
anak.. pada mata kuliah perkembangan kognitif akan diberikan gambaran untuk
mengkaji dan berlatih merancang serta menerapkan metode pengembangan kognitif
anak usia dini dengan berlandaskan pada berbagai teori dan pendekatan
4.
Pendekatan dalam Pembelajaran
a. Metode:
Ceramah, tanya-jawab, problem solving, diskusi kelompok, belajar
mandiri, serta penugasan (perorangan dan kelompok)
b. Bahan Ajar
Utama: Hand-out (diramu dari sejumlah sumber)
c. Media: LCD,
dan White-board.
5.
Evaluasi Hasil Belajar
a.
Kehadiran kuliah, minimal 75 persen
b.
Tugas Kelompok berbentuk makalah materi
perkuliahan dan power point yang di presentasikan didepan kelas. Dilengkapi
dengan hand out yang dibagikan kepada
masing-masing kelompok
c.
Tugas individu berbentuk makalah revisi dari makalah kelompok
sesuai dengan materi yang telah diberikan dan dikumpulkan sebelum UAS.
d.
Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester
(UAS)
6.
Rincian Materi Perkuliahan Tiap Pertemuan
Pertemuan
|
Substansi Kajian
|
1
|
Batasan dan
teori pengembangan kognitif
|
2
|
Karakteristik
dan klasifikasi kognitif anak usia dini
|
3
|
Arti kognisi dan Pentingnya pengembangan kognitif
|
4
|
Teori perkembangan kognitif dari Vygotsky
|
5
|
Pengertian
tentang pengetahuan
|
6
|
Hakekat dan
dasar teori kecerdasan majemuk
|
7
|
Metode dalam
pengembangan kognitif
|
8
|
UTS
|
9
|
Tujuan dan fungsi media
|
10
|
Model
perilaku kognitif afektif dan model intelectual
|
11
|
Pengembangan
kognitif pada kurikulum 2013
|
12
|
Model Taksonomi Bloom Ranah
Kognitif
|
13
|
Hakikat
permainan matematika di PAUD
|
14
|
Hakikat permainan sains di PAUD
|
15
|
Tinjauan Islam tentang Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini
|
16
|
UAS
|
7.
Daftar Buku
Referensi
dan Buku Utama:
Hurlock.E.B, Perkembangan Anak jilid 1, Erlangga,
2004:113-280
Yuliani. H.S, Metode pengembangan kognitif,
Universitas Terbuka, 2004:1.1-1.25
Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh
No comments:
Post a Comment