Wednesday, October 4, 2017

Metode Perkembangan Kognitif AUD

IDENTITAS DAN DESKRIPSI MATA KULIAH

A. Identitas Mata kuliah
Nama Mata Kuliah                  : Metodologi Perkembangan Kognitif AUD
Kode Mata kuliah                   : -
Jumlah SKS                            : 2 SKS
Kelompok Mata Kuliah          :

B. Deskripsi Mata Kuliah
Pendidikan anak usia dini merupakan lembaga yang memberikan layanan pendidikan kepada anak usia dini pada rentangan 4-7 tahun. Para pendidik harus dapat memberiakan layanan secara profesionalpada anak didiknya dalam rangka peletakan dasar pengetahuan. Oleh sebab itu pendidik harus membekali diri untuk merancang program secara utuh sesuai dengan perkembangan anak.. pada mata kuliah perkembangan kognitif akan diberikan gambaran untuk mengkaji dan berlatih merancang serta menerapkan metode pengembangan kognitif anak usia dini dengan berlandaskan pada berbagai teori dan pendekatan

Rujukan Utama:
Hurlock.E.B, Perkembangan Anak jilid 1, Erlangga, 2004:113-280
Yuliani. H.S, Metode pengembangan kognitif, Universitas Terbuka, 2004:1.1-1.25


SILABUS  MATA KULIAH
1. Identitas Mata Kuliah
a.  Nama Mata Kuliah                    : Metodologi Pengembangan Kognitif  Anak Usia Dini
b.  Kode Mata Kuliah                    : -
c.  Bobot sks mata kuliah                : 2 SKS
d.  Semester                                    : 4 (Empat)
e.  Kelompok Mata Kuliah             : MKK – Program Studi
f.  Prodi – Konsentrasi                   : PIAUD
g.  Status Mata Kuliah                   : Wajib
h.  Prasyarat                                    : -
i.  Dosen                                         : Muhamamd Syarif, S.Pd.I., MA

2. Tujuan Mata Kuliah
  1. mengetahui, memahami dan menguasai serta mampu mengimplementasikan tentang hakikat pengembangan kognitif, teori-teori pengembangan kognitif.
  2. mampu memilih metode dan alat evaluasi pengembangan kognitif serta mampu menerapkan pengembangan kognitik pada anak usia dini.

3. Deskripsi Isi
Pendidikan anak usia dini merupakan lembaga yang memberikan layanan pendidikan kepada anak usia dini pada rentangan 4-7 tahun. Para pendidik harus dapat memberiakan layanan secara profesionalpada anak didiknya dalam rangka peletakan dasar pengetahuan. Oleh sebab itu pendidik harus membekali diri untuk merancang program secara utuh sesuai dengan perkembangan anak.. pada mata kuliah perkembangan kognitif akan diberikan gambaran untuk mengkaji dan berlatih merancang serta menerapkan metode pengembangan kognitif anak usia dini dengan berlandaskan pada berbagai teori dan pendekatan

4. Pendekatan dalam Pembelajaran
a.       Metode: Ceramah, tanya-jawab, problem solving, diskusi kelompok, belajar mandiri, serta penugasan (perorangan dan kelompok)
b.      Bahan Ajar Utama: Hand-out (diramu dari sejumlah sumber)
c.       Media: LCD, dan White-board.

5. Evaluasi Hasil Belajar
a.      Kehadiran kuliah, minimal 75 persen
b.      Tugas Kelompok berbentuk makalah materi perkuliahan dan power point yang di presentasikan didepan kelas. Dilengkapi dengan hand out  yang dibagikan kepada masing-masing kelompok
c.      Tugas individu berbentuk makalah revisi dari makalah kelompok sesuai dengan materi yang telah diberikan dan dikumpulkan sebelum UAS.
d.     Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS)

6. Rincian Materi Perkuliahan Tiap Pertemuan
Pertemuan
Substansi Kajian
1
Batasan dan teori pengembangan kognitif
2
Karakteristik dan klasifikasi kognitif anak usia dini
3
Arti kognisi dan Pentingnya pengembangan kognitif
4
Teori perkembangan kognitif dari Vygotsky
5
Pengertian tentang pengetahuan
6
Hakekat dan dasar teori kecerdasan majemuk
7
Metode dalam pengembangan kognitif
8
UTS
9
Tujuan dan fungsi media
10
Model perilaku kognitif afektif dan model intelectual
11
Pengembangan kognitif pada kurikulum 2013
12
Model Taksonomi Bloom Ranah Kognitif
13
Hakikat permainan matematika di PAUD
14
Hakikat permainan sains di PAUD
15
Tinjauan Islam tentang Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini
16
UAS

7. Daftar Buku
Referensi dan Buku Utama:
Hurlock.E.B, Perkembangan Anak jilid 1, Erlangga, 2004:113-280
Yuliani. H.S, Metode pengembangan kognitif, Universitas Terbuka, 2004:1.1-1.25


Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah Universitas Serambi Mekkah Banda Aceh

No comments:

Post a Comment